Muhamad Marzuki


PERMOHONAN IZIN PEMUATAN NASKAH
ARTIKEL JURNAL PEVOTE

Dengan ini, saya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro
.                       Nama : MUHAMAD MARZUKI……………………………..
                        Noreg: 5215083425…………………………………………......
                        Program Keahlian : Pendidikan Teknik Elektronika……….

Memohon izin pemuatan naskah artikel Jurnal  PEVOTE
                        Judul  : Perbandingan Hasil Belajar Sub Kompetensi Menguasai Gambar Teknik Elektronika Antara Siswa Yang Diajar menggunakan Alat Peraga Microsoft Power Point 2000 Dengan Siswa Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Wallchart Di Kelas I Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 39 Jakarta..........
                        Karya Alumni : Rahmat Sudrajat……………………………..
                        Tahun Lulus    :  2006……………………………………………
                        Program Keahlian : Pendidikan Teknik Elektronika ………..
            Pekerjaan sekarang    :  …………………………………………………

Jabatan
Nama
Tanda Tangan
Alumni
2002
Sudah disetujui
Pembimbing I/II
Drs.Budjari,M.Pd./Drs.Edy Sutadi
Sudah disetujui
Dosen Pemangku
Dr. Bambang Dharmaputra M.Pd.
Sudah disetujui

Terima kasih atas kesediaannya dan terlampir naskah artikel jurnal yang dimintakan izin.

Jakarta, 16Juni….2011

                                                                                                           

(…Muhamad Marzuki…)

 

TUGAS JURNAL BAHASA INDONESIA
Muhamad Marzuki
5215083425
Pendidikan Teknik Elektronika

.Perbandingan Hasil Belajar Sub Kompetensi Menguasai Gambar Teknik Elektronika
Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Microsoft Power Point 2000
Dengan Siswa Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Wallchart Di Kelas I Program
Keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 39 Jakarta
Oleh
Rahmat Sudrajad
Dosen Pembimbing I
Drs.Budjari,M.Pd.
Dosen Pembimbing II
Drs.Edy Sutadi

Abstrack
Penelitian ini berhubungan dengan untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar sub kompetensi menguasai gambar teknik elektronika antara siswa yang diajar menggunakan alat peraga Microsoft power point 2000 dengan siswa yang diajar menggunakan alat peraga wallchart. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas I program keahlian teknik elektronika industri SMKN 39 Jakarta. Sample penelitian ini menggunakan metode random sampling. Jumlah siswa yang diamati adalah 62 orang, 31 siswa sebagai kelas eksperimen I yaitu proses belajar mengajar menggunakan alat peraga Microsoft power point 2000 dan 31 siswa sebagai kelas eksperimen II menggunakan alat peraga wallchart. Instrument penelitian yang digunakan adalah test ulangan harian. Koefisien realibilitas instrument 0,914 dan rata-rata indek daya pembeda soal 0,36. uji normalitas menggunakan uji liliefors pada kelas eksperimen I didapat nilai L0  = 0,0768 dan kelas eksperimen II L0  = 0,1056. uji homogenitas hasil belajar menggunakan uji Fisher. Diperoleh F hitung = 1,105 dengan F 0,025 (30,30) = 0,482 dan F  0,975 (30,30) = 2,07. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t, diperoleh t hitung = 3,932 dan derajat kebebasan (dk) = 60 didapat nilai t tabel = 1,671. Dari hasil analisis pengujian nilai rata-rata hasil belajar menggunakan alat peraga Microsoft Power Point 2000 sebesar 7,38 dan nilai rata-rata hasil belajar menggunakan alat peraga wallchart sebesar 6,57, sehingga dapat  disimpulkan hasil belajar menggunakan alat peraga Microsoft power point 2000  lebih tinggi dari pada menggunakan alat peraga wallchart.

Kata kunci : Gambar teknik elektronika, alat peraga Microsoft Power poit dan wallchart

A.  Latar Belakang Masalah